Alhamdulillah, dari Pengajian Keluarga Besar KIRAP Arsyada dan Sosialisasi Pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud, Terkumpul Donasi Awal Lebih dari Rp. 22 Juta

Ahad, 27 Januari 2019 bakda Isya’, Keluarga besar Yayasan Kirap Arsyada mengadakan pengajian sekaligus sosialisasi pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud di halaman KB/TK Ibnu Mas’ud, Mulyosari, Sawit, Gantiwarno dengan mengundang pembicara Ustadz Noor Saif Muhammad Musafi (putra KH. Sunardi Sahuri) dari Yogyakarta. Acara ini diadakan untuk menyampaikan rencana besar pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud kepada keluarga besar Yayasan Kirap Arsyada dan masyarakat sekitar, serta mengajak undangan ikut berperan dalam usaha pembangunan tersebut.

Dihadiri kurang lebih seratus orang undangan, acara pengajian ini diawali dengan sambutan oleh Pembina dan Penasihat Yayasan, Ust. Tri Widayatno, ST, MSc, Ph. D. Beliau memaparkan tujuan digagasnya pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud adalah sebuah usaha menjadikan lingkungan di sekitar yayasan sebagai lingkungan yang Islami dengan berlandaskan ilmu. Beliau mengambil hikmah dari Sirah Nabi, bahwa unggulnya generasi awal umat Islam adalah karena dilandasi dengan ilmu. Bangsa Arab yang sebelumnya tidak pernah diperhitungkan, berhasil menjadi bagian penting dalam sejarah peradaban manusia dan dunia setelah mendapatkan bimbingan ilmu dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau juga menyampaikan kisah pada perang Tabuk, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membuka peluang amal shalih dengan mengajak para Sahabat radhiyallahu ‘anhum untuk menyokong perbekalan dalam pemberangkatan pasukan di forum terbuka. Menyambut ajakan itu, para sahabat yang kaya tak segan menginfakkan hartanya dalam jumlah yang besar. Begitupun para sahabat yang miskin, mereka tidak mau ketinggalan dengan menginfakkan harta yang mereka miliki, meski segenggam kurma. Semuanya diterima oleh Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam dengan sepenuh penghargaan terbaik Beliau.

Memberikan sambutan yang kedua, Bpk. Fahmi Khotib, SE selaku Ketua Yayasan Kirap Arsyada, menyampaikan motivasi pengurus yayasan merencanakan pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud. Tak lain adalah niatan menjadi manfaat bagi umat yang keberlangsungannya diharapkan menjadi jariyah, bahkan ketika para penyokongnya telah meninggal dunia. Terinspirasi dari kisah sahabat Abu Yahya ra. yang lebih memilih kehilangan seluruh hartanya di Mekkah demi memenuhi seruan hijrah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ke Madinah. Nabi Muhammad yang mengetahui berita tersebut dari Jibril mengatakan kepada Abu Yahya, “Sungguh perdagangan yang tidak merugi” sebanyak tiga kali. Acara penggalangan dana hari itu adalah ikhtiar meneladani keimanan orang-orang yang bertakwa.

Terakhir pada acara inti, Ustadz Noor Saif Muhammad Musafi menyampaikan tausiyahnya. Beliau yang sedang menempuh pendidikan S3 nya di Johor, Malaysia menitikberatkan pada penyampaian tauhid kepada Allah Ta’ala, agar kita beriman dengan sebenar-benarnya. Poin penting lainnya yang Beliau sampaikan adalah, bahwa setiap muslim mesti berusaha memiliki banyak keterampilan hidup dan menjadikannya bermanfaat sebesar-besarnya bagi agama dan masyarakat. Di akhir tausiyahnya, beliau memotivasi hadirin untuk berinfak untuk urusan agama, terutama mendukung rencana pembangunan Islamic Center Ibnu Mas’ud yang akan dimulai. Beliau mengingatkan motivasi berinfak dari Allah ta’ala di ayat-ayat Al Qur’an seperti pada Surat Al Baqarah ayat 261 yang Allah ta’ala janjikan pahala sedikitnya 700 kali. Juga dalam surat Al Munafiqun ayat 10 yang menyebutkan bahwasanya orang yang telah meninggal dunia, memohon agar diberikan kesempatan hidup sebentar saja agar ia dapat bersedekah dengan hartanya. Menutup tausiyahnya, Beliau menyampaikan, berinfak di jalan Allah Ta’ala adalah tentang keimanan, pembuktian iman. Karena Allah Ta’ala telah menyampaikan janji Nya pada orang-orang yang berinfak di jalan Nya di banyak ayat. Tinggal kita sebagai hambanya membuktikan keyakinan kita atas janji Nya dengan mengamalkan.

Sebelum beranjak, Ustadz Noor Saif memandu penggalangan dana yang beliau mulai dari dirinya sendiri yang kemudian mendapat sambutan hangat dari para hadirin. Hingga akhir acara, terkumpul komitmen donasi sebesar Rp. 21.500.000,- dari 27 nama donatur dan infak tunai sebesar Rp. 750.000,- dari kotak yang diedarkan. (habib)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *